Thursday, April 26, 2018

Tutorial Ms. Word : Cara membuat surat masal dengan database Ms. Excel

Sebelumnya saya sudah memberikan tutorial membuat surat  untuk banyak nama penerima menggunakan mail merge dengan database di ms. Word, nah kali ini saya akan memberikan tutorial yang sama tetapi menggunakan database excel . berikut langkah-langkahnya :
1.    Buka Ms. Excel, Siapkan database di ms.excel ( buat file excel nya biasanya berisi nama, alamat, kota atau apa saja sesuai yang anda perlukan di surat tersebut.

2.    Blok table yang sudah di buat di excel dan berikan name_range, caranya : blok table, di menu formula pilih name range, setelah muncul jendela pilih new, kolom name isikan nama table, kolom refers to pastikan vlok sesuai tbale tersebut, klik OK, lalu close.


3.  Jika sudah dibuatkan name_range kemudian save as dengan format save ( Excel macro – enable workbook. Simpan boleh dimana saja.

4.    Buat surat di Ms. Word, contoh gambar dibawah sesuai dengan database yang saya buat di excel


5.    Pilih menu mailings , Select receipients, use an existing list


6.   Setelah muncul jendela, cari dimana tempat menaruh database excel yang tadi di simpan lalu open.


7.    Setelah di open akan muncul jendela , lalu pilih nama name-range yang di database , kemudian OK.


8. Blok <<panggilan>> , pilih insert merge field dan pilih panggilan/bapak. Lakukan hal yang sama pada nama , nama perusahaan, dan alamat


9.   Pilih priview result untuk melihat hasilnya , dan next record jika ingin melihat nama lainnya.



Terima kasih semoga bermanfaat.

No comments: