Wednesday, December 10, 2014

Tutorial Ms.Word - Mmebuat surat masal dengan mailmarge melalui database Ms. Word 2013


Bagi kita yang sering membuat surat, tentu pernah mengalami kesulitan ketika kita diharuskan membuat surat untuk banyak orang dengan isi yang sama, nah ada sebuah menu Microsoft word yang memungkinkan kita untuk lebih mudah untuk mengerjakan pekerjaan semacam ini. Namanya adalah Mail merge
Mail merge adalah sebuah aplikasi surat menyurat yang disediakan utnuk mempermudah pengguna untuk menulis surat untuk banyak orang dengan format da nisi yang sama dengan cepat.

1.    Buka aplikasi Microsoft word, Tulis terlebih dahulu surat yang ingin dibuat
2.    Di menu mailings , select Receipents pilih type a new list











3.    Setelah muncul jendela new address list pilih Customize colums

















4.   Akan muncul jendela customize address list, lalu delete semua nama yang ada pada kolom     field names



















5.   Pilih add dan ketikan nama, Alamat, dan kota pada jendela customize address list, jika     sudah selesai klik OK



















6.   Kemudian ketikan sesuai data nama, alamat, kota sesuai banyaknya orang yang akan         anda masukan dalam surat tersebut .di contoh gambar saya hanya menulis 3 nama saja.     Jika sudah klik OK.

















7.   Lalu masih dimenu mailings dan pilih insert merge field akan terdapat nama , alamat dan ,   kota sesuai yang tadi saya buat di menu customize address list,











8.   Untuk dapat memasukan nama , alamat, dan kota yang di tuju dalam surat yang anda           buat
    anda harus blok nama yang terdapat di surat, lalu pilih insert merge filed, dan pilih               nama. Lakukan hal yang sama terhadap alamat dan kota.

9.   Jika ingin melihat hasilnya, pilih priview result, lalu jika ingin melihat nama orang,                 alamat, dan kota yang lainnya pilih next record tanda panah kesamping dan kekiri tepat       berada disamping preview Result pada menu mailings


Terima kasih semoga bermanfaat

No comments: