Bagi kita yang sering membuat surat,
tentu pernah mengalami kesulitan ketika kita diharuskan membuat surat untuk
banyak orang dengan isi yang sama, nah ada sebuah menu Microsoft word yang
memungkinkan kita untuk lebih mudah untuk mengerjakan pekerjaan semacam ini.
Namanya adalah Mail merge
Mail merge adalah sebuah aplikasi
surat menyurat yang disediakan utnuk mempermudah pengguna untuk menulis surat
untuk banyak orang dengan format da nisi yang sama dengan cepat.
1.
Buka
aplikasi Microsoft word, Tulis terlebih dahulu surat yang ingin dibuat
2.
Di
menu mailings , select Receipents
pilih type a new list
4. Akan muncul jendela customize address list, lalu delete semua nama yang ada pada kolom field names
5. Pilih add dan ketikan nama, Alamat, dan kota pada jendela customize address list, jika sudah selesai klik OK
6. Kemudian ketikan sesuai data nama, alamat, kota sesuai banyaknya orang yang akan anda masukan dalam surat tersebut .di contoh gambar saya hanya menulis 3 nama saja. Jika sudah klik OK.
7. Lalu masih dimenu mailings dan pilih insert merge field akan terdapat nama , alamat dan , kota sesuai yang tadi saya buat di menu customize address list,
8. Untuk dapat memasukan nama , alamat, dan kota yang di tuju dalam surat yang anda buat
anda harus blok nama yang terdapat di surat, lalu pilih insert merge filed, dan
pilih nama. Lakukan hal yang sama terhadap alamat dan kota.
9. Jika
ingin melihat hasilnya, pilih priview result, lalu jika ingin melihat nama
orang, alamat, dan kota yang lainnya pilih next record tanda panah kesamping
dan kekiri tepat berada disamping preview Result pada menu mailings
Terima kasih semoga bermanfaat
No comments:
Post a Comment